Jumat Berkah, Berinfaq dan Bersedekah

rqhalimah.com - Infaq/Sedekah merupakan amalan yang sangat identik dengan orang-orang yang beriman. Dalam Surat Al-Anfal ayat 2-4 

Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, bertambahlah iman mereka ( karenanya ) dan kepada tuhanlah mereka bertawakkal. Yaitu orang-orang yang mendirikan shalat, menafkahkan dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Itulah orang-orang yang beriman yang sebenar-benarnya, iman yang haq. Bagi mereka derajat disisi Tuhan mereka, ampunan serta rizki yang mulia.

Dikatakan dalam surat Al-Anfal bahwa salah satu tanda beriman adalah berinfaq. Karena dengan infaq sudah pasti sebagai tanda kepedulian sesama. 

Keikhlasan sebagai tanda diterimanya besarnya infaq yang dikeluarkan. Nilai infaq yang dikeluarkan bukan soal besar-kecilnya jumlahnya, akan tetapi seberapa besar pengorbanan yang dia keluarkan. Sebagai contoh, ada dua (2) orang yang sama-sama berinfaq 100rb. Akan tetapi berbeda nilainya. Kenapa? karena perbedaan terletak pada seberapa besar pengorbanannya dan keikhlasannya. Sama-sama 100rb, tapi yang satu berpenghasilan 100jt perbulan dan yang satu hanyalah seorang dengan berpenghasilan 2juta. Ini hanyalah perumpaan, tapi ini bisa dijadikan bahan perenungan kita. Sudahkah kita berkorban?

Hari Jum'at merupakan hari yang sangat mulia, ada banyak keutamaan yang harus kita ketahui. Salah satunya adalah yang pernah disampaikan didalam kitabnya al-Iqna fi Halli Alfadz Abi Syuja’, beliau menjelaskan tentang hari jumat. Beliau menyatakan tentang sedekah hari jumat, Dianjurkan memperbanyak sedekah dan beramal soleh di hari jumat atau malam jumat. Memperbanyak shalawat untuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam di malam atau siang hari jumat. Berdasarkan hadis: “Sesungguhnya hari yang paling afdhal adalah hari jumat. Karena itu, perbanyaklah membaca shalawat untukku. Karena shalawat kalian diperlihatan kepadaku.” (al-Iqna’, 1/170) (Redaksi diambil dari konsultasisyariah.com)

Akan tetapi, bukan berarti hanya berinfaq hanya di hari Jum'at saja, namun dianjurkan untuk memperbanyak sedekah di hari Jum'at. Wallahu 'alam.[fmr]

Share:

No comments:

Post a Comment

  • Berita RQ

  • Mutiara Hikmah